Senin, 31 Mei 2010

GEDUNG BARU RSGM FKG UNEJ

JEMBER - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember makin lengkap dan canggih. Pasalnya RSGM yang didirikan tahun 2007 lalu kini dilengkapi dua gedung baru beserta fasilitas pendukungnya. Gedung baru dirsemikan oleh Rektor, Dr. Ir. T. Sutikto, MSc.
Bangunan baru ini terdiri gedung A seluas 1249 meter persegi dengan tiga lantai yang akan digunakan untuk instalasi Radiologi (lantai I), klinik Periodonsia (lantai II) dan lantai tiga digunakan sebagai klinik Pedodonsia.
Gedung B seluas 700 meter persegi yang diperuntukan laboratorium Klinik dan penelitian di lantai satu, laboratorium Teknik Gigi di lantai dua, dan lantai tiga digunakan sebagai ruang diklat.
Bangunan RSGM juga dilengkapi instalasi pengolahan limbah (IPAL), incinerator serta rumah genset. Gedung lama dan baru RSGM dilengkapi selasar yang menghubungkan keduanya yang mempermudah mobilitas diantara kedua gedung ini.
Biaya pembangunan gedung baru RSGM secara keseluruhan mencapai Rp 9,9 milyar yang berasal dari APBN tahun 2009. Sedang gedung lama RSGM berlantai tiga seluas 4529 meter persegi yang telah aktif digunakan, biaya pembangunannya sebesar Rp 8,6 milyar yang berasal dari dana masyarakat yang dihimpun oleh FKG Universitas Jember.
Direktur RSGM FKG Universitas Jember, drg. A. Gunadi, Ph.D, mengatakan tahun ini seluruh peralatan canggih bagi gedung baru RSGM akan tiba.
Peralatan itu antara lain alat mengidentifikasi kepekaan kuman terhadap antibiotik, peralatan dental implant, pembuatan gigi porselin, peralatan laser untuk pembedahan gigi/gusi tanpa pendarahan, real time PCR untuk laboratorium BioScience dan peralatan lainnya.
Bahkan RSGM FKG Universitas Jember juga menerapkan sistem informasi manajemen rekam medis secara online. RSGM FKG Universitas Jember juga dilengkapi dengan enam perangkat VIP dental unit.
Dekan FKG, drg. Herniyati, M.Kes menjelaskan bahwa RSGM adalah RS pendidikan tempat bagi calon dokter gigi menjalani masa profesi (klinik).
Selain mengemban misi pendidikan, RSGM mengemban misi penelitian dan pelayanan masyarakat. Misi pelayanan dibuktikan banyaknya pasien RSGM yang berasal dari keluarga kurang mampu. Setiap harinya ada sekitar 300 pasien, dan 80% nya berasal dari kalangan ekonomi bawah.
Bahkan tanggal 16-18 Juli nanti, RSGM FKG universitas Jember bekerjasama dengan PT. Unilever akan mengadakan bhakti sosial periksa gigi gratis bagi seribu orang.
Dekan FKG juga menepis kesan jika pasien yang datang ke RSGM hanya akan menjadi kelinci percobaan.
Hal itu tidaklah benar sebab pemeriksaan yang dilakukan para dokter gigi muda selalu dalam pengawasan dan bimbingan dosen. Apalagi RSGM dilengkapi berbagai peralatan cangih yang bahkan tidak dimiliki oleh rumah sakit umum daerah.
Kebanggaan akan keberadaan RSGM juga terlontar dari Rektor, Dr.Ir. T. Sutikto, MSc., pasalnya di seluruh Indonesia hanya ada 12 RSGM, dan salah satunya milik Universitas Jember.
Keberadaan RSGM bagi fakultas kedokteran gigi saat ini adalah mutlak, sebab di RSGM para dokter gigi muda mendapat kompetensinya, pengetahuan, skill dan attitude. Akreditasi sebuah fakultas kedokteran gigi juga ditentukan dari keberadaan RSGM-nya.
Karena itu Rektor mempersilahkan FKG lain yang belum memiliki RSGM untuk memanfaatkan RSGM Universitas Jember.
Tentu dengan manajemen dan tata aturan yang jelas. Dalam eksempatan itu, Dr. Ir. T. Sutikto, MSc juga bertekad akan membangun rumah sakit pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Jember. ki

Tidak ada komentar: